Nap4MWZ5LWx7LWR4LWV5NqFdM7csynIkynwdxn1c
10 Daftar Mesin Pencari Selain Google yang Perlu Diketahui

10 Daftar Mesin Pencari Selain Google yang Perlu Diketahui

Search Engine, Mesin Pencari Selain Google

Tahukah Anda apa saja daftar mesin pencari selain Google? Google menjadi salah satu mesin pencari di internet yang sangat populer. Namun, ada kalanya google memberikan jawaban atau informasi yang tidak sesuai atau hasil tidak ditemukan. Sehingga Anda bisa menggunakan beberapa mesin pencari alternatif selain Google.

Ada beberapa mesin pencari di internet yang juga memiliki keunggunalan lebih baik dan lebih lengkap daripada Google. Selain itu mesin pencari selain google banyak yang memberikan informasi yang paling relevan sehingga Anda akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan Anda dengan jelas. Kenali daftar mesin pencari yang menjadi alternatif selain Google.


10 Daftar Mesin Pencari Selain Google di Dunia

Daftar mesin pencari selain Google cukup banyak namun belum diketahui banyak orang, terutama di Indonesia. berikut ini ada beberapa daftar dari mesin pencari di internet selain Google:

1.Yahoo

Yahoo adalah salah satu aplikasi pencari di internet selain Google. Yahoo menempati peringkat ketiga untuk mesin pencari paling banyak. Yahoo juga menyediakan fasilitas email yang cukup populer. 
Alternatif mesin pencari ini mendapatkan support juga dari Bing yang juga merupakan mesin pencari yang sama. Selain Bing, yahoo juga didukung oleh Google menjadi mesin pencari di internet.

Yahoo menjadi mesin pencari yang bersifat default di Amerika Serikat dari tahun 2014. Portal untuk mesin pencari ini juga banyak dikunjungi untuk berbagai pencarian di internet di dunia. Yahoo juga diklaim dapat memberikan informasi dan gambar lebih baik dan memberikan banyak pilihan dalam jumlah besar.

2. Microsoft Bing

Mesin pencari ini menjadi salah satu search engine yang populer di dunia. Microsoft Bing menjadi alternatif terbaik setelah Google. Bahkan di Amerika Serikat, Microsoft Bing menjadi mesin pencari yang dapat mengungguli mesin pencari lain terutama Google.

Bing memiliki banyak program yang dapat membuat pengguna lebih suka untuk menggunakannya. Salah satunya yaitu program berhadiah yang dapat ditukarkan dengan point. Dimana point point ini bisa didapatkan dari banyaknya Anda melakukan pencarian di mesin pencari Bing. Selain gambar dan artikel Bing memberikan kualitas video yang lebih baik.

3. Baidu 

Baidu banyak digunakan dan cukup populer di China. Baidu digunakan lebih dari 70 % oleh pengguna asal China. Baidu merupakan salah satu dari banyaknya daftar mesin pencari selain google di dunia. 
Baidu tersedia dalam bahasa Mandarin dan memiliki tampilan yang hampir sama dengan Google. Ada tampilan iklan, desain dan tata letak pada laman Baidu cukup mirip dengan Google. Bagi pengguna di China, Baidu sangat sensitif dan memberikan perlindungan bagi pengguna China untuk beberapa konten yang pro demokrasi.

4. Yandex

Yandex adalah salah satu daftar mesin pencari selain Google yang banyak digunakan di Rusia dan beberapa Negara Asia Timur. Yandex merupakan mesin pencari yang dapat dengan mudah digunakan oleh siapa saja. Cara penggunaannya hampir sama seperti Google. 

Yandex juga memberikan fasilitas seperti gambar, informasi, situs, web, berita, video dan masih banyak lagi lainnya. Yandex juga memberikan tata letak yang baik dan bagus untuk pengguna. Fasilitas lainnya yaitu berupa peta, program penyimpanan, mesin penerjemah dan program lainnya yang mirip dengan Google.
 

5. Ecosia

Daftar mesin pencari selain Google berikutnya yaitu Ecosia. Ecosia merupakan salah satu mesin pencari yang mendukung global warming dan ramah terhadap lingkungan dan emisi karbon. 
Ecosia menyumbangkan pendapatannya untuk penanam pohon di dunia. Dimana setiap pencarian kurang lebih 45 kali, akan mendapatkan donasi satu pohon dari ecosia. Ecosia dapat digunakan sebagai mesin pencari pengganti Google yang bagus.

6. Gibiru

Gibiru memberikan fasilitas yang sangat privat bagi pengguna. Dimana Gibiru tidak memiliki tampilan atau tidak dapat melacak riwayat pencarian pengguna lainnya. Dengan kata lain Anda tidak dapat mencari kembali situs atau alamat web yang Anda cari sebelumnya.

Riwayat pencarian tersebut tidak disimpan oleh mesin pencari Gibiru ini. setelah pencarian selesai maka riwayat pencarian akan terhapus secara otomatis. Hal ini dapat digunakan oleh pengguna yang tidak ingin rekam jejaknya terlacak, atau informasi yang dicari diketahui orang lain.

Gibiru ini dirilis pada tahun 2009, dimana mesin pencari yang aman ini tidak dapat menyimpan alamat id maupun password yang pernah Anda masukkan di mesin pencarian. Keseluruhan fitur dan hasil pencarian akan terhapus secara otomatis. Keunggulan lainnya yaitu, Anda dapat mengakses konten atau fitur secara bebas yang secara umum dibatasi di internet.

7. DuckDuckGo

Mesin pencari yang paling aman untuk digunakan berikutnya adalah DuckDuckGo. Jika Anda mencari mesin pencari yang dapat menjaga keamanan identitas dan informasi Anda, bisa gunakan DuckDuckGo. Mesin pencari ini tidak memiliki rekaman aktifitas dari penggunanya.

Selain itu mesin pencari ini juga tidak dapat menyimpan kata sandi atau password Anda selama menggunakan program apa saja. Mesin pencari canggih ini dibuat oleh Gabriel Weinberg pada 2008 dan menyebutnya sebagai mesin pencari DDG.

8. Search Encrypt

Mesin pencari satu ini tidak cukup terkenal. Namun mesin pencari search encrypt ini memiliki keamanan yang super tinggi untuk pengguna. Mesin pencari ini menjadi salah satu daftar mesin pencari selain Google yang cukup aman digunakan bagi Anda yang tidak ingin identitasnya terbongkar.

Teknologi yang digunakan berupa SSL atau disebut juga Secure Socket Layer. SSL yaitu program yang memberikan keamanan untuk pengguna. Dengan program ini data dan informasi apapun yang Anda simpan tidak dapat dicuri ataupun dibobol oleh hacker.

Selain itu, Search Encrypt juga memberikan keamanan berupa dapat menghapus secara otomatis riwayat pencarian Anda setelah 30 menit digunakan. Sehingga orang lain tidak dapat menemukan rekam riwayat pencarian Anda.

9. Wiki.com

Wiki.com adalah mesin pencari internet yang bisa Anda gunakan selain Google. Wiki.com dijadikan salah satu mesin yang direkomendasikan bagi Anda yang mencari konten atau informasi berupa knowledge.

Dengan mesin pencari alternatif ini Anda bisa mendapatkan informasi lebih banyak dan lebih lengkap dari pada mesin pencari lainnya. Wiki.com menjadi satu dari banyaknya daftar mesin pencari selain Google di dunia yang sering digunakan pelajar.

Wiki.com memberikan beberapa opsi pencarian yaitu Wikipedia only, encyclopedias only, all wikis dan people’s wikis only.

10. Ask.com

Daftar mesin pencari lain yang menjadi alternatif lainnya yaitu Ask.com. Mesin pencari ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1996 dan mulai dikembangkan menjadi mesin pencari saat ini. 

Ask.com bekerja seperti mesin pencari lainnya, Anda bisa mencari semua informasi dengan kata kunci yang sesuai. Anda akan diberikan dua jenis jawaban yaitu berupa video atau web, konten dan jawaban-jawaban.

Itulah daftar mesin pencari selain Google yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memilih mesin pencari yang aman, yang memberikan informasi lebih lengkap dan sesuai dengan keinginan Anda.
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.