Nap4MWZ5LWx7LWR4LWV5NqFdM7csynIkynwdxn1c
Apa Itu Backlink? dan Ini Cara Membuat Backlink yang Benar

Apa Itu Backlink? dan Ini Cara Membuat Backlink yang Benar

Apa Itu Backlin, Cara Membuat Backlink yang Benar
Definisi Backlink dan Cara Membuat Backlink

Apa itu backlink dan bagaimana cara membuat backlink yang benar? Halaman ini akan membahas tentang backlink, jenis-jenis backlink dan trik membuat atau mendapatkannya.

Bagi sebagian orang terutama web developer, blogger dan digital marketer yang hari-harinya berhubungan dengan website tentu tidak asing dengan sebutan backlink. Karena backlink merupakan bagian dari strategi optimasi website untuk memberikan sinyal rekomendasi kepada mesin crawler, agar website yang memperoleh backlink dan mendapatkan reputasi yang baik dimata mesin pencari Google.

Namun, tentu saja sebagian orang lainnya masih awam dan mempertanyakan tentang, apa itu backlink? Bagaimana cara membuat backlink yang benar? Hal tersebut wajar, karena backlink bukan merupakan ilmu pengetahuan umum yang orang sering bicarakan.

Definisi Backlink dan Cara Membuat Backlink yang Benar


Definisi backlink secara umum sama seperti yang orang sebutkan pada halaman-halaman website lainnya, ada external link atau memberi backlink dan ada inbound link atau menerima backlink.

Apa itu backlink? 


Backlink adalah tautan balik atau sinyal link yang diterima masuk ke sebuah website atau halaman website tertentu yang diberikan dari website lain. Link website atau link halaman website penerima ditautkan atau ditanamkan di website yang memberi backlink.

Sering juga, backlink dijadikan penanda untuk memudahkan pengunjung website agar meng-klik tautan tersebut dan mengarahkan ke website atau halaman website lain yang disebut juga sebagai rujukan atau sumber informasi dan juga menjadi bagian dari strategi optimasi supaya meningkatkan popularitas website penerima backlink di mata mesin pencari seperti Google.

Ada 2 sebutan backlink, yakni backlink dofollow dan nofollow. Backlink dofollow lebih dominan digunakan, karena dinilai memberikan nilai tinggi di mata mesin pencari. Sementara jenis backlink nofollow biasanya menjadi pilihan kedua, karena dinilai tidak begitu memberikan efek nilai bagi perkembangan website.

Jenis-Jenis Backlink


Terdapat beberapa jenis backlink yang sering dibuat dan digunakan untuk memudahkan direct pengunjung dan sebagai strategi optimasi SEO off-page. Apa-apa saja jenis backlink tersebut? Berikut daftarnya:

✓ Contextual Backlink
✓ Blogroll Backlink
✓ Link Profile Backlink
✓ Redirect Backlink
✓ Image Backlink
✓ Social Bookmark Backlink
✓ Blog Comment Backlink

Selengkapnya penjelasan tentang: jenis-jenis backlink

Bagaimana cara membuat backlink yang benar?


Setelah Anda memahami tentang apa itu backlink, lantas, mungkin juga Anda bertanya cara membuat backlink yang benar agar bukan hanya terlihat menarik oleh pengunjung website untuk diklik, namun juga menjadi penanda pemberi sinyal yang kuat kepada mesin crawler supaya menghasilkan reputasi bagus kepada website penerima backlink yang akan berdampak pada peningkatan ranking website atau halaman website tersebut.

Backlink disebutkan merupakan salah satu faktor penting yang bisa membuat ranking website di hasil penelusuran mesin pencari. Jumlah backlink menjadi indikasi popularitas sebuah website atau halaman website.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua backlink akan memberikan dampak yang signifikan bagi ranking website yang dituju. Karena algortima Google akan membacanya, apakah backlink tersebut terbaca sebagai spam akibat link yang ditanamkan tidak relevan dengan kalimat atau artikel secara keseluruhan. Tentu adanya teknik agar backlink memberikan nilai positif dan dapat mendongkrak popularitas website yang dituju.

Ada beberapa cara membuat backlink yang benar, berkualitas dan gratis, yakni membuat backlink di postingan website lain yang dapat dibuat secara gratis di penyedia website builder yang dapat dibuat dengan mudah dan singkat, menjadi penulis tamu atau kontributor untuk website-website yang memiliki reputasi tinggi, gabung di website sosial bookmaking dan link profil.

Pastikan backlink tersebut diletakan pada target keyword yang dibidik. Misal Anda sedang membidik keyword definisi atau penjelasan tentang apa itu backlink, maka buatlah permalink yang mengandung keyword "Apa Itu Backlink" dan menanamkan link tersebut pada keyword yang sama di website lain yang relevan dengan topik tersebut dan dibuat senatural mungkin sehingga terlihat menarik dan menjadi sasaran klik pengunjung dan meningkatkan traffic website tersebut.

Jika Anda dapat menganggarkan dana dengan jumlah tertentu, Anda juga bisa membeli backlink melalui jasa backlink berkualitas, kerjasama dengan jasa content placement atau sponsored post. Cara ini sah-sah saja, selama artikel dan website tempat meletakkan link website atau halaman website Anda relevan dan natural dengan website Anda. Pastikan bukan website ilegal atau melanggar hukum serta norma-norma yang berkembang di masyarakat, karena bisa berdampak buruk bagi perkembangan website penerima backlink.

Trik membuat backlink berkualitas


1. Membuat Konten yang Unik, Menarik dan Informatif
Artikel yang unik dan menarik serta informatif akan memiliki tingkat pencarian yang tinggi dan menjadi sasaran pengunjung website yang mencari informasi tersebut. Sangat bagus untuk diletakkan backlink.

2. Aktif Membangun Relasi Pertemanan Antar Blogger dan Web Developer
Seorang blogger yang aktif menulis biasanya sering memanfaatkan trik ini untuk bertukar informasi dan membangun backlink ke sesama blogger dan komunitas blogger. Juga demikian seorang web developer yang memiliki jaringan website untuk backlink. Nah, jika Anda baru memulai menjadi blogger atau web developer, Anda bisa menggunakan trik ini.

3. Gunakan Tools Backlink Checker
Menggunakan tools backlink checker, Anda bisa menampilkan data backlink dari website lain yang dapat menjadi rujukan untuk membangun backlink. Anda bisa memanfaatkan tools tersebut dengan cara berlangganan (berbayar) atau menggunakan yang gratis namun memiliki fitur yang dibatasi.

Bangun website yang informatif sesuai dengan kebutuhan yang banyak dicari pengguna, maka akan berpeluang besar dijadikan website rujukan dan bukan tidak mungkin link website atau halaman website Anda akan dijadikan sumber informasi dan diberikan tautan link aktif  (backlink).

Demikian artikel berjudul: Apa Itu Backlink? dan Ini Cara Membuat Backlink yang Benar. Semoga bermanfaat. Silakan bagikan ke media sosial.
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.