Nap4MWZ5LWx7LWR4LWV5NqFdM7csynIkynwdxn1c
Rekomendasi Tools SEO Fitur Lengkap Gratis!

Rekomendasi Tools SEO Fitur Lengkap Gratis!

Tools SEO, SEO Tools

Tools SEO berasal dari dua kata yakni SEO dan tools. Tools berarti alat, dan SEO ini kepanjangan dari Search Engine Optimization. Pada intinya SEO Tools adalah alat yang penting dan berguna bagi penulis SEO untuk mencapai tujuannya.

Tujuan yang hendak dicapai dengan Tools SEO adalah untuk mengoptimalkan website dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Tak heran perusahaan-perusahaan besar sampai rela membeli alat SEO berbayar. Karena manfaatnya yang besar untuk menaikkan traffic dan mengembangkan website.

Bagi Anda yang ingin menggunakan Tools untuk membantu SEO tapi keberatan dengan biayanya tidak perlu khawatir. Karena sudah ada banyak sekali aplikasi yang dapat Anda gunakan secara gratis. Berikut adalah pilihannya!

Rekomendasi SEO Tools Gratis

Ini dia beberapa Tools SEO yang dapat Anda manfaatkan dengan gratis.

1. Google Trends

Sesuai namanya, google trends adalah alat untuk mencari tahu hal-hal yang sedang trending. Alat ini jelas berguna untuk SEO, karena dengan ini Anda dapat mengetahui trend yang sedang
banyak diperbincangkan.

Keunggulan lainnya adalah Anda bisa melihat perkembang trend tersebut pada periode tertentu, serta dapat mengidentifikasi tren pada topik-topik tertentu. Visualisasi pada alat ini cukup bagus sehingga mempermudah pemahaman. Akan tetapi data yang ditampilkan kurang detail.

2. Google Analytics

Google Analytics adalah Tools SEO favorit para penulis SEO. Karena dengan aplikasi ini Anda dapat melihat insight dari website Anda. Dengan melihat insight akan sangat membantu Anda untuk mengetahui konten apa saja yang banyak menarik pembaca di website Anda. Serta dapat mengetahui puja bagian mana yang peminatnya sedikit.

Selain melihat insight, keunggulan lainnya adalah dapat melakukan tracking data website, serta ada hitungan untuk memantau traffic. Disediakan pula tabel karakteristik pengunjung. Dengan segudang kelebihan yang ditawarkan, tentu akan butuh waktu lebih untuk mempelajarinya.

3. UberSuggest

Alat ini diciptakan oleh pakar SEO yaitu Neil Patel. Walau gratis kelebihan yang ditawarkan cukup lengkap. Anda dapat mencari ide konten, melakukan riset keyword, bahkan bisa melihat persaingan antar keyword pula. Alat ini juga sudah menyediakan fitur bahasa indonesia, sehingga dapat membuat Anda belajar lebih mudah.

Akan tetapi hal yang harus Anda tahu yakni Anda hanya bisa melihat sejumlah 10 keyword saja. Jika ingin lebih Anda harus berlangganan berbayar terlebih dahulu.

4. Seobility

Sebenarnya ini adalah Tools SEO berbayar yang cukup lengkap. Akan tetapi masih banyak fitur-fitur gratis yang dapat Anda manfaatkan, seperti Anda dapat mendownload data keyword dengan mudah. Visualisasi keywordnya pun juga mudah dimengerti. Terdapat banyak ide konten juga yang dapat Anda temukan.

5. Screaming Frog

Screaming fog merupakan agensi pemasaran khususnya pada mesin pencari. Akan tetapi mereka juga menyediakan alat SEO gratis yang bernama “Screaming Frog SEO Spider”. alat kali ini benar-benar canggih karena dapat mendeteksi link yang rusak,membuat sitemaps, menganalisis meta halaman, juga bisa menemukan duplikat konten.


Keunggulan lainnya yakni dapat mengidentifikasi performa SEO websites dengan cukup detail dan informasinya ditampilkan dengan cepat. Akan tetapi Anda perlu berlangganan terlebih dahulu agar dapat memakai semua fitur-fitur dari alat ini.

Itulah rekomendasi-rekomendasi Tools SEO yang dapat Anda gunakan secara gratis. Pilihlah alat yang paling nyaman untuk Anda gunakan.
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.